Resep Jajanan Anak Sekolah Murah Meriah: Cara Buat Cimol

cara buat cimol

Anak-anak gemar sekali jajan apalagi saat waktu pulang sekolah. Hal ini dimanfaatkan oleh para penjual cemilan untuk menjajakan dagangan mereka di luar gerbang sekolahan. Sayangnya, tak semua penjaja makanan memperhatikan kebersihan saat pengolahan makanan ataupun saat penyajiannya. Hal tersebut bisa menyebabkan si kecil sakit perut ataupun demam karena kurang higienisnya makanan yang masuk. Sayangnya, meski dilarang untuk jajan di sembarang tempat, si kecil kerap membantah lantaran suka dengan jenis makanan yang dijual. Contohnya adalah makanan cimol yang selalu digemari anak-anak. Cimol umumnya disajikan dengan saos atau bumbu yang kurang higienis, dengan membuat sendiri, Anda bisa mengganti bahan yang digunakan agar lebih sehat. Berikut ini adalah resep cimol yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Cimol adalah jajanan yang akhir-akhir ini banyak menjadi pilihan favorit anak-anak. Bentuknya seperti bola-bola kecil dengan aneka bumbu yang disukai anak-anak. Membuat mereka senang adalah keinginan setiap orang tua, termasuk memberikan makanan yang mereka sukai. Karenanya, Anda bisa belajar membuat resep jajanan anak sekolah murah meriah ini untuk bekal si kecil ke sekolah agar tak perlu jajan makanan yang sama. Berikut ini adalah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk mulai membuatnya:

  • Tepung beras sebanyak 9 sendok makan.
  • Tepung kanji 900 gram.
  • Baking soda 2,5 sendok teh.
  • Tepung terigu 6 sendok teh.
  • Garam 2 sendok teh.
  • Merica ½ sendok teh.
  • Air 700ml.

Dilihat dari bahannya, resep ini mirip dengan resep cimol. Memang benar bahwa bahan pembuat kedua resep jajanan anak sekolah murah meriah ini sama. Yang membedakan hanya cara pembuatannya dimana cimol harus digoreng dan ditambahkan bumbu agar lebih disukai anak-anak sedangkan cilok hanya direbus atau dikukus saja. Berikut ini adalah cara pembuatan yang bisa Anda ikuti step by stepnya:

  1. Persiapkan wadah untuk tempat menguleni semua bahan.
  2. Ayak tepung beras, tepung kanji dan tepung terigu kemudian campurkan.
  3. Tambahkan dengan garam, dan merica bubuk.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk massa yang kenyal dan bisa diuleni.
  5. Setelah kekenyalannya sudah baik, tambahkan baking soda dan aduk hingga rata.
  6. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Atau jika Anda ingin berkreasi, Anda juga bisa membentuknya menjadi bentuk yang lain sesuai keinginan.
  7. Siapkan minyak dan kompor, kemudian panaskan minyak untuk menggoreng. Sebaiknya volume minyak cukup agar semua bahan cilok bisa terendam.
  8. Goreng cimol hingga berubah warna dan mengembang matang.
  9. Tiriskan cimol yang sudah matang.
Baca Juga :  Resep Pisang Coklat Terenak dan Wajib Kamu Coba

Cimol umumnya disajikan dengan taburan bumbu. Bumbu cimol bisa disesuaikan dengan selera anak. Jika anak Anda suka rasa pedas, Anda bisa membuat bumbu pedas dari saus pedas yang higienis. Namun jika anak tak suka pedas, gantilah bumbu dengan rasa lain misalnya asin menggunakan keju parut.

jadilah ibu yang kreatif dalam memberikan makanan dan cemilan untuk anak agar mereka terhindar dari keinginan jajan di sembarang tempat. Cimol goreng ini bisa Anda sajikan di rumah untuk teman si kecil bermain ataupun sebagai bekal berangkat ke sekolahan. Selain untuk anak-anak, cimol juga bisa Anda sajikan sebagai snack pengganti kerupuk saat makan bersama keluarga.

 

.