Macam – Macam Masakan Jawa Tengah Yang Harus Anda Cobain

masakan jawa tengah

Makanan khas memang begitu menggoda untuk dicicipi kalau kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang afdol kalau udah tiba di suatu tempat tapi nggak nyobain makanan khasyang ada disana. Apa kata dunia ntar, udah dateng ke tempat yang jauh tapi belum pernah ngrasain makanan di sana. Pada artikel ini tempat yang mau kita kunjungi ada di Jawa Tengah. Biar Anda tau apa saja masakan jawa tengah, mari kita simak beberapa ulasannya:

  • Tongseng Ayam

Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini adalah tongseng ayam. Untuk membuat masakan tongseng yang enak, gurih dan bikin nagih nggak harus beli dulu di tukang sate. Juga, nggak harus beli daging kambing, sapi atau tetelannya buat bikin tongseng sendiri di rumah. Berbekal daging ayam, kita bisa lho membuat tongseng yang enak, gurih, bikin nagih dan menggugah selera. Bagaimana cara membuat tongseng ayam ini? Cuci daging ayam hingga bersih, potong kecil-kecil sesuai selera. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan ketumbar, tumis hingga harum. Masukkan daging ayam ke dalam tumisan bumbu, tambahkan batang serai, daun jeruk dan air secukupnya.  

Kemudian tambahkan garam, gula dan lada bubuk, masak hingga ayam berwarna putih dan mendekati matang.  Selanjutnya, masukkan bunga kol yang telah dipotong sesuai selera, buah tomat, daun bawang dan santan kelapa.  Masak hingga bumbu meresap, agar rasanya semakin sedap koreksi rasa, tambahkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis secukupnya.  Angkat tongseng ayam yang telah matang, sajikan bersama nasi putih hangat, kerupuk dan taburan bawang merah goreng.

  • Lumpia Semarang

Lumpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat. Apalagi kalau ditambah sama saus atau cabe rawit. Lumpia mempunyai isi yang beragam, ada yang memakai bahan ayam, rebung, telur, sayuran dan udang pun ada.

  • Tahu Petis

Namanya tahu petis, masih makanan dari Semarang juga. Tahu petis ini biasanya buat camilan saja, atau jika Anda mau makan nasi pakai makanan ini juga bisa. Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tehu goreng tepatnya. Beda antara tahu ini dengan yang lain adalah adanya saus hitam yang namanya petis. Petis ini terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

  • Telur Asin

Telur yang rasanya asin ya ini, telus asin. Makanan yang terbuat dari telur bebek ini terkenalnya dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakannya sama nasi, tapi ada juga lho yang makan langsung gitu aja nggak pakai nasi.

  • Tempe Mendoan

Kalau makanan yang satu ini terkenalnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Tempe Mendoan ini hampir sama seperti tempe goreng biasanya, diselimuti dengan tepung. Bedanya adalah nama mendoannya, mendoan sendiri artinya adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya nggak terlalu matang. Sekarang tempe mendoang nggak cuma ada di daerah Banyumas dan Purwokerto saja. Namun hampir di seluruh daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini. Bahkan di sebagian besar angkringan yang menjual gorengan pasti ada tempe mendoan. Sampai-sampai, sekarang tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

  • Enting-Enting Gepuk

Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah. Bahan dasarnya adalah kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya udah dicampur sama gula jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah Indonesia). 

 

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Masak Kue Lebaran

.