Masakan Yang Mudah Resep Ayam Geprek

masakan yang mudah

Jika kita ingin membuat resep pada menu makanan, maka masakan yang mudah salah satunya adalah menu ayam geprek. Ayam geprek adalah ayam goreng yang disajikan dengan sambal bawang pedas. Namun berdasarkan perkembangan zaman serta variasi selera pasar, banyak inovasi yang dilakukan terhadap sambal ayam geprek. Tidak hanya menggunakan sambal bawang saja, tetapi juga menggunakan sambal khas Bali, yakni sambal matah. Sambal tersebut juga disambut secara antusias oleh masyarakat, dan dianggap menambah kekayaan kuliner baru karena sama-sama lezat.

Menu ayam geprek sebenarnya mirip dengan ayam penyet, cuma bedanya pada tepung yang membalut potongan ayam tersebut. Ayam penyet tidak menggunakan tepung, sedangkan ayam geprek dibalut tepung gurih lalu digoreng hingga renyah. Ayam tersebut kemudian dipukul-pukul dengan menggunakan ulekan. Sangat nikmat, gurih, renyah, pedas berbaur menjadi satu di lidah. Tak heran jika restoran ayam geprek tak pernah sepi pengunjung, apalagi menjelang akhir pekan. Minat yang tinggi terhadap menu ini membuat banyak pengusaha kuliner berbondong-bondong ikut menjual ayam geprek paling lezat. Persaingan resep pun terjadi, demi memuaskan lidah konsumen dan membuat mereka ketagihan. Pencinta kuliner ayam pedas wajib mencoba menu ini.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan resep ayam geprek nikmat khas restoran khusus untuk Anda. Resep ini bahkan dapat digunakan oleh Anda yang tengah bermaksud untuk membuka warung makan spesialis ayam geprek sebagai menu Andalannya. Mari kita simak informasinya:

 

  • Ayam Geprek Sambal Bawang

 

Adapun cara memasaknya adalah potong-potong ayam menjadi 12 bagian, kemudian cuci hingga bersih. Keringkan, jangan sampai ada sisa air yang menetes. Campurkan tepung terigu, soda kue, dan garam secukupnya ke dalam satu wadah. Aduk hingga semuanya tercampur rata. Pisahkan adonan tersebut ke dalam dua wadah. Salah satu wadah dicampurkan air es sebagai adonan basah. Lalu satu wadah berfungsi sebagai adonan kering. Masukkan ayam satu persatu ke dalam adonan tepung terigu basah, lalu pindahkan ke wadah berisi tepung terigu kering kemudian balur hingga rata seluruh permukaannya. Bisa juga sembari dipijat-pijat sedikit agar tepung terigu semakin menempel pada ayam. Diamkan kurang lebih 15 menit hingga tepung dan bumbu ayam geprek meresap ke dalam daging ayam. Kemudian goreng ayam di dalam minyak goreng hingga terendam. Biarkan sejenak hingga ayam berwarna kuning keemasan. Jangan lupa untuk membolak-balik ayam agar tingkat kematangannya merata ke seluruh sisi. Angkat dan tiriskan. 

 

  • Resep Ayam Geprek Mudah, Praktis dan Enak

 

Baca Juga :  Masakan dari Ayam: Resep Sayur Asem Betawi

Proses pembuatan ayam geprek sama persis seperti resep membuat ayam geprek sambal bawang. Potong-potong cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Campurkan ke dalam satu wadah. Aduk hingga rata. Campur seluruh bahan, termasuk daun jeruk, garam, gula, dan terasi bakar halus. Pisahkan minyak goreng dan jeruk limau. Panaskan minyak di atas wajan. Setelah panas, tuangkan ke dalam wadah yang berisi potongan cabai, bawang, dan tomat. Masukkan perasan air jeruk limau lalu aduk hingga rata. Campurkan sambal matah dengan ayam geprek lalu sajikan dengan nasi putih panas. Bila Anda ingin memadukannya dengan sambal lainnya seperti sambal terasi, sambal tomat hijau, saus telur asin, atau sambal teri maka dipersilahkan untuk mengkreasikannya sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

 

.