Resep Minuman Segar Dari Buah Jadi Menu Andalan  

minuman segar dari buah

Jam makan siang sudah tiba, banyak pegawai yang keluar dari kantornya masing-masing dan mulai menjelajahi kantin, makanan pinggir jalan sekitar kantor, dan ada juga yang makan di foodcourt. Nah setelah berkeliling beberapa menit untuk memutuskan menu apa yang dipilih sebagai menu makan siang, pasti sedikit lelah dong ya. Selain lapar, Anda juga pasti merasakan haus dan membutuhkan sesuatu yang segar, sehingga dapat mendinginkan tenggorokan Anda yang mulai kering itu. Ternyata, setelah melihat daftar menu, tempat makan juga menawarkan minuman dingin seperti es teler. Wah siapa coba yang tidak tergoda dengan minuman segar dari buah ini? Nah sekarang mari kita bahas bagaimana sih cara membuat es teler yang segar dan begitu menggoda selera.

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan beberapa bahan untuk bahan kuah, bahan mutiara, dan isiannya. Sekarang kita mulai terlebih dahulu dari persiapan bahan kuah es teler, yang perlu disediakan adalah santan, sirup (rasa opsional sesuai selera Anda, namun sebagai rekomendasi Anda dapat menggunakan rasa cocopandan), garam, dan es batu secukupnya. Kemudian dilanjutkan menyiapkan bahan mutiara yaitu gula pasir, sagu mutiara, dan air. Dan untuk bahan isian, Anda dapat menyiapkan buah apapun sesuai keinginan dan selera, namun di sini akan menggunakan buah alpukat, nangka, cincau hitam, dan tape singkong.

Cara membuatnya bagaimana? Nah simak ya setiap tahapannya dengan baik. Untuk mengolah bubur mutiara, silahkan rebus air hingga mendidih dan setelah itu masukkan sagu, masak hingga sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda dapat mematikan api kompor, tutup panci dan diamkan selama 30 menit, kemudian masak sekali lagi selama setengah jam dan jika sudah silahkan matikan kompor, dan diamkan bubur mutiara selama 30 menit. Sekarang kita beralih ke tahap mengolah santan, siapkan panci untuk merebus santan dan jangan lupa untuk menambahkan garam, jika sudah matang, dinginkan.

Baca Juga :  Resep Olahan Daging Sapi: Bumbu Kuah Bakso Sapi

Sudah masuk tahap penyajian nih sekarang. Silahkan Anda mempersiapkan gelas atau wadah lainnya untuk menata es batu dan bahan isian, kemudian tuang santan dan tambahkan sirup cocopandan. Nah, sekarang es teler sudah siap untuk dinikmati.

Pada dasarnya, es teler ini juga dapat dihidangkan sebagai dessert loh ya, alias pencuci mulut setelah makan. Dan untuk bahan isiannya, Anda juga dapat menambahkan buah kelapa muda atau susu kental manis sebagai pengganti sirup. Anda juga dapat menggunakan es serut sebagai pengganti es batu Anda. Jika Anda menyukai es teler yang beraroma wangi, pada saat merebus santan dapat Anda tambahkan daun pandan, cukup satu lembar saja. Intinya adalah es teler ini dapat Anda modifikasi sesuai selera masing-masing. Kalau begitu, es teler hampir sama dengan es campur ya?

Jika Anda berpikiran seperti ini, mungkin ada sedikit kekeliruan. Sebenarnya, es campur memang hampir mirip dengan es teler. Namun, bahan isian dari es campur lebih beragam dan lebih banyak jika dibandingkan dengan es teler. Dan untuk setiap daerah pastinya juga berbeda dalam sistem penyajiannya, mungkin ada yang memiliki ciri khas untuk menambahkan satu buah ke dalam esnya, atau seperti reseo di atas yang menggunakan tape singkong sebagai karakteristik menu ini. So, apakah Anda sudah siap untuk mencoba resep minuman segar dari buah yang telah dijabarkan di atas? Silahkan mencoba. Dan jangan menyesal ya, karena pasti kalian akan ketagihan.

.