Dijamin Ampuh Menaklukan Rasa Lapar Dengan Resep Sarapan Praktis

resep sarapan praktis

Mau masak apa untuk sarapan? Bingung? Biasanya orang-orang memilih untuk menyajikan resep sarapan praktis sehingga cepat matang dan bisa langsung disantap. Bahkan ada juga yang lebih memilih untuk membeli sarapan di luar walaupun harus berjuang dalam antrian terlebih dulu. Sudah tidak perlu heran lagi, sekarang ini banyak sekali penjual makanan yang membuka lapaknya pagi-pagi sekali seperti gorengan, kue subuh, bubur, bahkan lapak mie ayam pun penuh dengan orang yang sarapan. Tapi, sebagai warga yang sudah terbiasa untuk sarapan dan makan dengan menu utamanya nasi, kita pasti akan mencari menu sarapan yang mengandung nasi. Kali ini kita akan membahas menu sarapan yaitu nasi uduk. Tidak mesti dimakan saat waktu sarapan saja sih sebenarnya, karena sekarang banyak nasi uduk yang dijual pada malam hari.

Nasi uduk berasal dari daerah Betawi dan sekarang menjadi seperti makanan yang paling digandrungi oleh orang-orang. Siapa sih yang tidak suka dengan nasi uduk ini? Apalagi jika dimakan dengan tambahan tempe orek, ikan teri, telur, sambal kacang, bihun, dan biasanya ada pelengkap seperti kerupuk, emping, dan gorengan. Nah, pernah tidak kalian memiliki ide dan keinginan untuk mencoba membuat nasi uduk sendiri di rumah? Apakah yang pertama kali terbayangkan di benak kalian adalah repotnya dan lamanya menunggu nasi uduk matang? Kalau kalian berpikir seperti itu, maka hentikan pemikiran itu sekarang juga. Karena kali ini akan kita bahas mengenai resep nasi uduk tidak pakai ribet, dijamin kamu bisa berhasil membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat nasi uduk kali ini, kita akan menggunakan rice cooker. Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan beras, santan, air, dan minyak. Kemudian untuk bumbunya, siapkan bawang putih, daun salam, serai, daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya, garam, dan gula secukupnya. Sebagai pelengkap, kita tambahkan ayam goreng, telur, tempe kering, mentimun, dan sambal. Sambal untuk nasi uduk pun beragam, ada yang menggunakan sambal kacang dan ada juga yang memakai cabe merah saja untuk sambalnya. Anda juga bisa menambahkan bihun, jengkol, kerupuk atau emping.

Baca Juga :  Ini Dia Resep Jagung Susu Keju Lezat Buat Camilan Sore

Untuk cara memasaknya, masukkan beras, semua bahan dan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam rice cooker. Jika merasa kurang menyukai wangi dari daun jeruk pada nasi uduk, maka anda tidak perlu memasukkannya ke dalam rice cooker. Layaknya memasak nasi seperti biasa, kita tambahkan air sesuai takaran ke dalamnya. Kemudian tunggu hingga matang, jika rice cooker sudah menunjuk ke tombol “warm”, itu pertanda bahwa nasi sudah matang. Aduk rata, kemudian tutup kembali dan jangan lupa untuk menekan tombol “cook” lagi. Jika sudah matang, nasi kembali diaduk. Sediakan wadah untuk menyajikan nasi uduk. Dan nasi uduk pun sudah siap untuk disajikan bersama lauk yang sudah disiapkan. Anda juga dapat menambahkan bawang goreng di bagian atasnya agar nasi uduk semakin lezat aromanya.

Tidak repot bukan untuk membuat nasi uduk sendiri? Anda hanya tinggal mengikuti saja tahapan demi tahapan pembuatannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, karena nasi uduk merupakan makanan khas daerah Betawi, bukan berarti hanya suku Betawi saja yang bisa membuatnya. Sekarang, kamu pun juga bisa membuat resep sarapan praktis ini. Kamu juga bisa membuatnya untuk makan siang ataupun makan malam. Jangan takut gagal! Silahkan berkreasi di dapur Anda.

 

.